Rabu, 27 September 2017

Olahraga Gratis di Taman Aktif Supratman (Active Park)

Taman yang dulunya terbengkalai tidak terawat ini direvitalisasi kembali oleh Kang Emil, begitulah panggilan erat yang kerap dipakai oleh Warga Bandung. Berbeda dengan taman – taman di Bandung yang sebelumnya sudah penulis ulas. Akhir – final ini beberapa atau kebanyakan wisatawan mulai melirik taman untuk dijadikan tujuan daerah wisata di Bandung.

Taman Aktif atau Active Park direvitalisasi bukan hanya untuk sekedar nongkrong – nongkrong saja, tapi disini anda mampu berolahraga secara gratis. Dikutip dari wawancara Wali Kota Bandung alasannya yakni hasil penelitian para dokter menyatakan bahwa jaman sekarang penyakit jantung banyak menyerang anak muda. Memang tidak gila alasannya yakni gaya hidup yang tidak sehat, mulai dari kebanyakan duduk, bermain gadget sepanjang hari, atau teladan makan sehari – hari.
Olahraga Gratis di Taman Aktif Supratman (Active Park)


Gagasan dari taman aktif ini bahu-membahu sudah ada semenjak 2013 oleh salah satu perusahaan minuman Coca – Cola dan kesudahannya terwujud dengan berkolaborasi dengan pemerintah, swasta, para dokter, dan perusahaan NIKE.

Taman aktif memiliki sebuah lintasan lari seluas kurang lebih 1.5 meter, dengan berlandasan tanah liat. Sehingga tidak heran kalau trend hujan akan sedikit lembap dan terdapat beberapa titik – titik genangan air. Umumnya lintasan lari ini hanya digunakan pada pagi hari dan sore hari, namun lebih ramai pada pagi hari.

Ada juga lapangan futsal yang dibagi – bagi atau diberi penyekat, jumlah lapangan futsal yang terdapat sebanyak 6 buah lapangan. Lapangan futsal ini juga sempat dipakai oleh pemain Persib. Disekitar lapangan futsal dikelilingi oleh jaring, sehingga bola tidak akan keluar dari lapangan. Lapangan futsal di manfaatkan juga untuk aktivitas berolahraga oleh siswa – siswi dari sekolah di sekitar lapangan.

Lapangan futsal tidak pernah sepi, alasannya yakni umumnya selalu dipakai mulai dari pagi hari hingga sore hari. Tidak jarang juga lapangan ini sering dipakai oleh aneka macam sekolah untuk mengadakan Pekan Olah Raga (POR) antar sekolah ataupun antar kelas. Sehingga kalau anda ingin bermain futsal disini anda mampu memesan daerah dari hari sebelumnya semoga mampu memakai fasilitas, jangan lupa untuk memakai sepatu alasannya yakni diwajibkan. Fasilitas lapangan futsal ini juga tidak dikenakan biaya tiket atau gratis.

Sebelum tahun 2015 di taman ini hanya ada beberapa buah ring gymnastic di sebelah lapangan futsal, namun semenjak disponsori oleh Coca – Cola dan NIKE taman ini memiliki outdoor gym untuk menunjang aktivitas kalistenik, diantaranya ada lower body workout, upper workout ,cardio, dan core muscle exercise.
Olahraga Gratis di Taman Aktif Supratman (Active Park)

Seperti taman – taman lainnya di sekitar Bandung, di sekeliling taman juga ditamani dengan pohon – pohon yang rimbun, salah satunya terdapat pohon mangga. Sehingga kalau berolahraga pada siang hari tidak akan terkena eksklusif panasnya terik matahari, menimbulkan udara disekitar juge menjadi cukup sejuk.

Fasilitas penunjang lainnya yang dimiliki oleh taman aktif yakni toilet dan juga lahan parkir. Sayangnya alasannya yakni keterbatasan lahan, sehingga hanya disediakan lapangan parkir untuk kendaraan roda dua saja dengan biaya Rp. 2.000. Sehingga kalau anda membawa kendaraan roda empat dapat memarkir kendaraan disekitar komplek perumahan yang berada tidak jauh dari lokasi taman.

Di pinggiran taman ada beberapa penjual makanan dan minuman, jadi selesai berolahraga anda mampu menikmati makanan ataupun minuman sambil mengobrol santai. Ini salah satu tujuan Kang Emil dalam membangun daerah wisata publik, yang kebanyakan bertema ruang publik terbuka berupa taman – taman.

Fasilitas kebugaran gratis ini juga sudah di manfaatkan oleh salah satu komunitas kebugaran berjulukan Barstard. Komunitas ini mengadopsi metode kalistenik. Metode yang merupakan latihan beban dengan menggunakan bobot tubuh sendiri. Sehingga tidak heran kalau mulai dari jam 18:00 hingga 21.00 area ini akan dipadati oleh anggota Komunitas Barstard.

Pada malam hari taman ini juga dilengkapi dengan lampu – lampu penerangan yang memadai. Sehingga tidak menghambat aneka macam aktifitas kebugaran di dalam taman. Lokasi alamat Taman Aktif berada di Jalan Lapangan Supratman No.1, Cihapit, Bandung Wetan.


Sumber http://www.tempatwisatabandung.com/

0 komentar:

Posting Komentar