Rabu, 27 September 2017

Taman Tematik Fotografi Bandung Untuk Komunitas Fotografer

Kota Bandung dikenal memiliki banyak taman. Hampir disetiap sudut kota terdapat taman kecil yang dahulu dibiarkan tidak terawat begitu saja. Namun walikota Bandung, Ridwan Kamil, membuat sedikit gebrakan yang mengubah hampir setiap taman di sudut Kota Bandung menjadi lebih cantik, fungsional dan menarik wisatawan untuk berkunjung.
Taman Tematik Fotografi Bandung Untuk Komunitas Fotografer


Ridwan Kamil mengubah taman – taman tersebut menjadi taman tematik sekaligus ruang terbuka publik, mengakibatkan aneka macam taman yang dahulu tidak terawat sekarang mampu menjadi suplemen daerah wisata di Bandung.

Salah satu taman tematik yang dibangun yakni taman cempaka yang lebih dikenal sebagai taman foto atau taman fotografi, taman untuk para pecinta fotografi. Tertarik untuk berkunjung? Yuk baca informasi lengkap mengenai taman tematik di Bandung berikut ini, supaya Anda tahu daerah menyerupai apa sih yang akan Anda kunjungi.

Pembangunan Taman Fotografi 

Taman cempaka merupakan 1 dari 600 taman yang masuk ke dalam kegiatan revitalisasi 600 taman dan 30 taman tematik di Bandung. Taman cempaka ini mengusung tema fotografi yang sengaja dibuat oleh pemerintah kota untuk komunitas fotografi dan dibuka untuk umum pada September 2013.

Pemerintah berharap dengan adanya taman foto ini, komunitas fotografi mampu menerima wadah untuk berkarya, misalnya saja sebagai galeri dan daerah berguru fotografi. Taman fotografi dikelola oleh komunitas fotografi kota Bandung.

Fasilitas Taman Fotografi

 Meski hanya sebuah taman yang dibuka gratis untuk umum, bukan berarti taman fotografi ini tidak memiliki akomodasi yang memadai. Ketika Anda berkunjung kemari, Anda akan eksklusif disuguhkan pemandangan menarik berupa sebuah galeri terbuka, spot foto yang menarik, daerah bermain anak, bangku taman yang nyaman serta koneksi internet gratis.

Terdapat pula posko penjaga taman yang bertugas untuk menjaga kebersihan taman. Posko kebersihan ini ada di seluruh taman di Bandung yang sudah direvitalisasi. Melihat akomodasi yang tersedia, tentu bukan hanya pecinta fotografi saja yang mampu berkunjung kemari. Semua orang, baik renta atau muda mampu datang kesini.
Taman Tematik Fotografi Bandung Untuk Komunitas Fotografer

Untuk Anda yang suka selfie daerah ini wajib Anda kunjungi. Karena taman foto ini sangat instagramable loh. Taman fotografi ini memiliki beberapa ikon, diantaranya yakni abjad “C” besar, tembok abjad “bdg”, serta sebuah daerah berbentuk menyerupai sebuah kamera yang mampu menjadi daerah bermain anak - anak. Ikon abjad “C” di taman dapat dimaknai sebagai “Taman Cempaka” ataupun “Camera”.

Yang menjadi daya tarik utama dari taman ini yakni bingkai – bingkai besi besar yang menampilkan foto dengan aneka macam konsep. Bingkai – bingkai inilah yang biasanya dimanfaatkan komunitas untuk bazar fotografi mereka.

Lokasi Taman Fotografi Bandung 

Sesuai dengan namanya, taman fotografi Bandung terletak di jalan Taman Cempaka, berlokasi tidak jauh dari Jalan Riau. Tepatnya di Jalan Anggrek. Berada kurang lebih 2,6 km jauhnya dari Balai Kota Bandung. Kekurangannya yakni lokasi daerah wisata Kota Bandung bertema fotografi ini tidak dilewati oleh kendaraan umum. Sehingga agak sulit untuk diakses jikalau tidak memiliki kendaraan pribadi, namun masih mampu ditempuh dengan berjalan kaki.

Bukan tanpa alasan mengapa taman ini berada di daerah yang sedikit tertutup. Taman berbentuk segitiga yang dipenuhi bunga dan pohon rindang ini dipilih, alasannya dianggap sesuai dengan tema fotografi yang diusungnya. Hal ini mampu dibuktikan dari demam isu wisatawan maupun masyarakat setempat yang masih berniat untuk berkunjung meskipun tempatnya tidak terakses kendaraan umum.

Pemerintah Kota Bandung berharap dengan adanya taman – taman tematik ini minat warga ataupun wisatawan untuk berkunjung ke Bandung meningkat, sehingga taman – taman ini dapat hidup dan produktif kedepannya.

Selain taman fotografi masih ada juga taman tematik lainnya yang sayang untuk dilewatkan. Yuk, wisata murah ke aneka macam taman tematik kota Bandung.
Sumber http://www.tempatwisatabandung.com/

0 komentar:

Posting Komentar