Rabu, 27 September 2017

Taman Pustaka Bunga Cilaki Surga Bunga Kota Bandung

Bandung selalu dikenal sebagai kota kembang alasannya ialah keindahan yang dimilikinya. Gelar ini tentu menjadi semakin aktual setelah hadirnya Taman Pustaka Bunga Cilaki.

Berniat untuk wisata murah bersama keluarga dan bunga – bunga? Yuk disimak informasi lengkap wacana Taman Pustaka Bunga Cilaki, Bandung.
Taman Pustaka Bunga Cilaki Surga Bunga Kota Bandung

Kisah Dibalik Taman Pustaka Bunga Cilaki 

Siapa yang sangka bahwa taman bunga cantik ini dulunya hanyalah taman tidak terawat peninggalan Belanda. Taman ini juga merupakan salah satu taman tematik yang ada di Kota Bandung.

Namun setelah Bandung dibawah kepemimpinan Ridwan Kamil, taman-taman di Kota Bandung mulai direvitalisasi dan ditata kembali, untuk dijadikan sebagai salah satu alternatif daerah wisata Kota Bandung.

Ridwan Kamil mengakui bahwa revatilasasi taman – taman ini merupakan bentuk tindak lanjut dari niatannya untuk melaksanakan langkah bersih, hijau, berbunga (berhiber) di Kota Bandung.

Diberi nama Taman Pustaka Bunga alasannya ialah diubahsuaikan dengan fungsinya sebagai perpustakaan bunga, atau lebih tepatnya menjadi ensiklopedi bunga di Kota Bandung. Taman Pustaka Bunga Cilaki, nantinya akan menjadi daerah 100 jenis bunga bernaung.

Kaprikornus nantinya warga Bandung mampu mengenali banyak sekali macam jenis bunga melalui taman ini. Sampai dengan artikel ini di muat, taman ini sudah memiliki banyak sekali jenis bunga diantaranya, bunga mawar, bunga puring, bunga baung, bunga kastuba, bunga kertas, bunga pengecap mertua dan juga bunga krisan.

Ada juga bunga angrek yang di tanam dengan cara ditempelkan di pohon-pohon besar. Beberapa jenis anggrek yang ada di taman ini adalah, Anggrek Phalaenopsis Gigantea, Anggrek Phalaenopsis Bellina, Anggrek Paphiopedillum Victoria, Anggrek Paphiopedillum Reginae, dan Anggrek Dendrobium Glomeratum. Taman Pustaka Bunga Cilaki diresmikan pada 30 Desember 2013.

Fasilitas Taman Pustaka Bunga Cilaki 

Sebagai daerah wisata Kota Bandung, taman ini juga dilengkapi dengan kemudahan umum yang cukup menunjang, diantaranya adalah,

1. Kolam Ikan
2. Free Wifi
3. Tempat Sampah Organik dan Non Organik
4. Bangku Taman

Sedikit pemberitahuan, jikalau Anda ingin ketempat ini ada beberapa peraturan yang harus Anda ketahui. Di taman ini tidak diperbolehkan membawa makanan dan minuman dari luar dan juga tidak boleh mengkonsumsi makanan di daerah ini.

Kaprikornus Anda hanya mampu duduk kalem menikmati suasana taman dan berfoto ria, hal ini bertujuan untuk menghindari para pengunjung membuang sampah sembarangan. Serta menjaga taman dari kerusakan. Taman Pustaka Bunga Cilaki juga dijadikan daerah penyelenggaraan kontes bunga danpertunjukan musik di Kota Bandung.

Selain mampu menikmati banyak sekali bunga serta suasana rindang taman ini, Anda juga mampu menunggang kuda berkeliling taman ini. Untuk mampu menunggang kuda Anda diharuskan membayar biaya sewa kuda sebesar 20.000 – 30.000.

Tapi jangan khawatir, untuk masuk ke kawan taman bunga ini Anda tidak dipungut biaya kok, namun disediakan kotak bagi yang berniat menyisihkan sedikit uang secara suka rela untuk membantu pemeliharaan taman.

Di taman pustaka bunga Cilaki ini juga tersedia toko yang menjual aneka tanaman serta beberapa perlengkapan berkebun. Kaprikornus jikalau kau tertarik dengan bunga yang ada di taman ini, kau mampu tanyakan stok kepada petugas, mana tau mampu kau beli dan bawa pulang ke rumah.

Tak hanya bunga, taman ini juga diperindah dengan hadirnya sungai kecil buatan yang diatasnya terdapat jembatan kecil berwarna merah. Cocok sekali sebagai spot foto.

Taman ini juga mampu difungsikan sebagai daerah wisata Kota Bandung edukasi flora. Karena terdapat papan nama bunga baik umum maupun latin nya. Sedikit seakan-akan dengan Kebun Raya Bogor.

Letak Taman Pustaka Bunga Cilaki 

Taman Bunga Cilaki memiliki letak lokasi yang cukup strategis dan cukup mudah dijangkau oleh masyarakat. Letak taman ini bersebelahan dengan Taman Lansia dan SMAN 20 Bandung juga bersahabat sekali dengan gedung sate.

Untuk alamat persisnya, Taman pustaka Bunga Cilaki ini berada di Jalan Citarum No.23 A, Citarum, Bandung Wetan, Bandung, Jawa Barat 40115.

Taman pustaka bunga Cilaki yang juga disebut Taman Pustaka Bunga Kandaga Puspita ini sangat terjaga kebersihannya. Kaprikornus jikalau hendak berkunjung kemari, mohon partisipasinya untuk ikut menjaga kebersihan taman ya.
Sumber http://www.tempatwisatabandung.com/

0 komentar:

Posting Komentar