Rabu, 27 September 2017

Berwisata di Pemandian Air Panas Ciwalini Ciwidey

Salah satu tempat wisata alam di Bandung yang kali ini akan diulas yaitu Pemandian Air Panas Ciwalini yang berada di Selatan kota kembang. Kolam air panas ini berada disekitar tempat wisata Kawah Putih dan Situ Patenggang. Jika anda sedang mencari tempat untuk berendam memanjakan tubuh anda, tempat ini cocok untuk anda kunjungi atau kalau ingin mengajak anak – anak bermain air.
Berwisata di Pemandian Air Panas Ciwalini Ciwidey

Kolam pemandian air panas ini berada di kaki Gunung Patuha yang berada di ketinggian 2.400 meter diatas permukaan laut, mungkin anda sudah mampu menebak asal airnya. Ya, betul saja air panas yang mengandung sulfur berasal dari Gunung Patuha.

Kolam yang tidak hanya untuk berendam saja juga menjadikannya daya tarik untuk anak – anak anda, alasannya yaitu di kolam ini disediakan juga wahana permainan waterboom. Disekitar kolam juga disediakan beberapa saung untuk anda beristirahat atau sekedar duduk – duduk bersantai sambil menikmati bekal yang anda bawa. Disediakan juga kemudahan penunjang lain diantaranya kamar mandi, tempat makan, dan beberapa penjual makanan.

Sedikit keluar dari topik, sulfur di percaya oleh sebagian orang untuk membantu menyembuhkan banyak sekali penyakit. Diantaranya mengeluarkan racun dari tubuh, menghilangkan stres, mengobati penyakit kulit, mengobati flu dan sakit kepala, mengobati insomnia, memperlancar sirkulasi darah, menurunkan kadar kolesterol. Bahkan bagi anda yang mengalami duduk perkara dengan jerawat, sulfur dipercaya juga dapat mengobati jerawat.

Pemandian air panas Ciwalini berada di Kawasan Agrowisata Kebun Ranca Bali yang dikelola oleh PTP NUSANTARA VIII. Oleh alasannya yaitu itu mungkin dikala anda membaca nama tempatnya terdengar tidak asing, alasannya yaitu nama salah satu produk olahan teh yang beredar sekarang berasal dari perkebunan ini.

Fasilitas di salah satu tempat wisata alam Bandung Selatan ini juga tidak hanya pemandian air panas saja. Fasilitas lainnya yang dapat anda nikmati diantaranya;


  • Flying fox x-treme, yang berada di ketinggian 400 meter, dengan biaya tiket Rp.40.000 atau kalau anda atau sang buah hati takut alasannya yaitu terlalu tinggi anda dapat mencoba flying fox mini dengan biaya tiket Rp.10.000.
  • ATV Tea Tour, kalau anda ingin berkeliling di rute yang sudah ditentukan sekitar 2 kilometer, anda dapat mencoba ATV dengan biaya tiket Rp.75.000.
  • Go Cart, kalau anak senang balap – balapan memacu adrenalin mampu mencoba wahana yang satu ini, dengan biaya Rp.15.000 untuk 3 lap.
  • ATV, kalau tadi ATV untuk berjalan – jalan berkeliling maka kali ini kalau ingin memacu adrenalin balapan anda, degan dibekali mesin 90cc dan biaya tiket Rp.25.000 untuk 5 lap.
  • Motocross, dengan mesin 50cc dan dengan biaya tiket Rp.15.000 untuk 3 lap. 
  • Sepeda, kali ini apabila ingin bersantai berkeliling sambil berolahraga dengan biaya Rp.15.000 untuk 15 menit.

Harga Tiket Masuk dan Parkir di Pemandian Air Panas Ciwalini, Bandung 2016.

Harga tiket untuk wisatawan lokal Rp.12.000, sedangkan untuk wisatawan aneh Rp.19.000, Kolam Air Panas Waterboom dikenakan penambahan biaya Rp.5.000, parkir kendaraan beroda empat Rp.3.500, parkir motor Rp.2.000, dan parkir bus Rp.15.000.

Lokasi Alamat, Koordinat GPS dan Jam Buka Ciwalini, Ciwidey Bandung.

Alamat : Jalan Raya Ciwidey – Patengan, Tenjolaya, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat 40972
Koordinat : 7 8’ 38” S, 107 23’ 4” E (kurang lebih 35 kilometer dari sentra kota)
Jam Buka : Sabtu – Senin : 06:00 – 18:00, tutup pada Hari Jumat.

Rute Akses Jalan Menuju Tempat Pemandian Air Panas Ciwalini.


  • Akses jalan yang menurut penulis paling mudah yaitu dari Gerbang Tol Kopo, keluar darisana lalu ambil arah ke Jalan Raya Kopo mengikuti jalan hingga kearah Ciwidey lalu kearah Ciwalini.
  • Atau mampu juga mengambil alternatif lain melalu Gerbang Tol Buah Batu, lalu ambil arah ke Banjaran. Lurus lagi kearah Soreang . Ketika sudah berada di Ciwidey maka tidak jauh lagi anda sudah sampai.
  • Apabila anda terbiasa keluar dari Gerbang Tol Pasteur, maka anda mampu menempuh jalan mengambil kearah Kopo dahulu, lalu selanjutnya mengikuti arah jalan ibarat keluar dari Gerbang Tol Kopo.

Beberapa penginapan terdekat yang dapat menjadi pilihan anda. Diantaranya RancaBali Resort, Emte Highland Resort, Cimanggu Cottage, Villa Kampung Karuhun Sutan Jaya, Villa Ciung Wanara, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Sumber http://www.tempatwisatabandung.com/

0 komentar:

Posting Komentar