Rabu, 27 September 2017

Taman Alun – Alun Bandung, Tempat Wisata Gratis di Bandung

Selain terkenal dengan aneka wisata masakan nya, Bandung juga merupakan salah satu kota yang memiliki banyak daerah wisata menarik dan murah. Nah, kalau Anda dan keluarga sedang suntuk dan ingin berlibur dengan budget seadanya , Taman Alun – Alun Bandung mampu jadi pilihan daerah wisata yang tepat.

 Taman Alun – Alun Bandung merupakan salah satu daerah wisata murah yang sering dikunjungi warga sekitar untuk sekedar piknik atau berfoto bersama sobat dan keluarga. Karena tempatnya yang gratis tanpa perlu membayar tiket masuk, Taman Alun – Alun Bandung hampir tidak pernah kehilangan pengunjung setiap harinya.
Taman Alun – Alun Bandung, Tempat Wisata Gratis di Bandung

Lokasi Taman Alun – Alun Bandung Salah satu alasan lainnya, kenapa Taman Alun – Alun Bandung selalu ramai pengunjung ialah sebab lokasinya yang berada di sentra Kota Bandung tepatnya di sekitar jalan Asia Afrika, area jalan ini sudah sangat terkenal di Bandung sebab merupakan salah satu jalan paling renta dan bersejarah bagi masyarakat setempat.

 Taman Alun – Alun Bandung juga sangat berdekatan dengan beberapa daerah wisata belanja murah menyerupai Pasar Baru Trade Center. Berada di area paling bersejarah di Bandung juga membuat taman alun – alun berdekatan dengan wisata sejarah menyerupai Gedung Merdeka, Bandoeng Tempo Doeloe dan lain sebagainya.

Sejarah Taman Alun – Alun Bandung

Pada masa penjajahan Belanda dulu, Taman Alun – Alun Kota Bandung merupakan sebuah daerah persinggahan kuda pengantar surat sebab berseberangan dengan gedung Kantor Pos Belanda. Hingga kemudian daerah ini berubah fungsi menjadi halaman Masjid Agung Kota Bandung yang tidak terurus, alun – alun ini dikelilingi pedagang kaki lima, serta di beri semacam pagar teralis besi yang tinggi, sehingga sulit untuk dimasuki pengunjung.

Selain itu taman ini pun tak terang fungsinya, sebab penataan di adegan dalam taman sangat tidak relevan, membuat taman ini terkesan sangat sempit. Pada Desember 2014, Kang Emil selaku walikota sekaligus perancang taman alun alun mengubah daerah ini menjadi sebuah daerah wisata keluarga di Bandung.

Dirancang sebagai taman kota yang mengagumkan dipandang mata, serta menyenangkan untuk dikunjungi bersama keluarga dan teman.

Fasilitas Taman Alun – Alun Bandung 

Taman alun – alun Bandung bangkit diatas lahan seluas 1200meter persegi. Alun – Alun ini memiliki dua lantai dan tamannya dibuat diatas sebuah basement , maka dari itu taman ini tidak beralaskan rumput asli melainkan menggunakan rumput sintetis. Menurut penuturan Kang Emil, penggunaan rumput asli tidak akan bertahan lama, sedangkan penggunaan kerikil dapat membuat pengunjung merasa tidak nyaman sebab akan terasa keras dan panas, sampai alhasil rumput sintetis pun dipilih untuk menjadi lantai taman ini.
Taman Alun – Alun Bandung, Tempat Wisata Gratis di Bandung

Membuktikan bahwa pilihannya tidak salah, pemakaian rumput sintetis ini rupanya memang membuat pengunjung nyaman, anak – anak sampai dewasa bahkan mampu bermain bola diatasnya. Tak hanya rumput sintetis yang nyaman, Taman Alun – Alun Bandung juga dilengkapi dengan taman bunga warna warni serta taman bermain kecil yang menyediakan ayunan, perosotan sampai jungkat – jungkit. Untuk menjaga kebersihan taman alun – alun, pemerintah setempat menugaskan petugas satpol PP di area taman.

Petugas satpol PP ini bertugas untuk mengingatkan pengunjung biar melepas bantalan kaki, tidak merokok serta tidak membuang sampah di area taman alun – alun. Anda juga tidak perlu mengkhawatirkan munculnya genangan air saat hujan turun, sebab jalan masuk pembuangan air sudah tersedia untuk menjaga kebersihan rumput.

Tempat wisata ini sangat menarik untuk dikunjungi bersama keluarga dan juga ramah di kantong. Jangan lewatkan taman alun – alun Bandung sebagai destinasi wisata kalau Anda berencana untuk berlibur ke kota Bandung ya.
Sumber http://www.tempatwisatabandung.com/

0 komentar:

Posting Komentar