Rabu, 27 September 2017

Taman Teras Cikapundung, Wisata Edukasi Murah dan Menyenangkan

Selain menerima gelar kota kembang, Bandung juga memiliki gelar lainnya yaitu ‘kota taman’. Hal ini selaras dengan kegiatan Kang Emil yang melaksanakan revitalisasi sekitar 600 taman yang ada di Kota Bandung.

Salah satu taman yang masuk dalam kegiatan tersebut yakni Taman Teras Cikapundung. Taman Teras Cikapundung diresmikan oleh Walikota Bandung, Kang Emil pada 30 Januari 2016. Sejak di lakukan revitalisasi, taman ini menjadi populer dan dijadikan sebagai perhiasan salah satu kawasan wisata di Bandung. Hal ini terjadi alasannya yakni taman ini menjadi semakin rapi dan indah, konsep taman ini dibuat dengan tujuan supaya Warga Bandung ikut menjaga kebersihan sungai dan lingkungannya.
Taman Teras Cikapundung, Wisata Edukasi Murah dan Menyenangkan

Jika sebelumnya Taman Teras Cikapundung hanya berupa sungai yang sebagian besar menjadi kawasan pemukiman warga, Sekarang di Teras Cikapundung sudah dibangun Amphitheatre, yaitu sebuah panggung pertunjukan seni dengan kapasitas penonton 500 orang, lalu ada juga air mancur musik yang menimbulkan kawasan ini semakin menarik.

Sejarah Taman Teras Cikapundung 

Sebelum menjadi menyerupai sekarang, Teras Cikapundung merupakan kawasan yang kurang terawat dan dipenuhi dengan bangunan liar di pinggiran sungai. Dahulu kawasan ini juga merupakan kawasan pembuangan sampah sementara.

Melihat hal ini para pemerhati lingkungan, kawasan ini di bersihkan dan diusulkan menjadi kawasan wisata di Bandung. Lalu pada tahun 2013, pemerintah Kota Bandung merespon ajakan tersebut dengan mulai dibenahinya Area Teras Cikapundung. Diawal pembenahan lokasi ini, banyak kendala didapatkan terutama maslaah relokasi dan pembebasan lahan.

Hingga pada akibatnya Walikota Bandung mampu menyelesaikan hal itu dengan baik, dan pada tahun 2016 Taman Teras Cikapundung selesai di revitalisasi dan menjadi kawasan wisata yang rupawan dan menyenangkan.

Fasilitas Taman Teras Cikapundung 

Taman Teras Cikapundung juga memiliki fasiitas yang cukup lengkap, menyerupai kawasan ibadah, toilet umum dan lahan parkir kendaraan. Ketika Anda pertama kali berkunjung ketempat ini, Anda akan di suguhkan dengan pemandangan tiga kolam air mancur dan juga air mancur musik.

Air mancur musik biasa dinyalakan sehari dua kali yaitu pada jam 4 sore dan 8 malam, masing-masing selama 20 menit. Di sekitar kolam air mancur terdapat sebuah tembok mural dan patung yang membuat Taman Teras Cikapundung semakin terlihat hidup.

Taman Teras Cikapundung, Wisata Edukasi Murah dan Menyenangkan


Kegiatan yang Bisa Dilakukan Di Teras Cikapungung 

Di Taman Teras Cikapundung, Anda mampu melaksanakan banyak sekali kegiatan seperti, berfoto dengan latar belakang yang indah, Kemudian Anda mampu rafting di fatwa sungai Cikapundung. Namun ada syaratnya kalau Anda ingin rafting yaitu Anda harus sambil memungut sampah.

Hal ini bertujuan mengajarkan masyarakat cinta akan kebersihan sungai dan lingkungan. Di kawasan ini juga Anda mampu bermain di kolam tujuh kura-kura. Kolam ini merupakan sebuah penangkaran untuk ikan asli sungai Cikapundung seperti, Ikan Kekel, Ikan Badar dan ikan Beunteur.

Hal ini dilakukan supaya ikan asli penghuni sungai tersebut mampu berkembang biak, jadi ekosistem sungat dapat terjaga dan lestari. Oh iya yang perlu Anda ketahui, kawasan wisata ini 100% tidak memungut biaya sama sekali alias gratis. Kaprikornus tolong jaga kawasan kebersihan kawasan wisata ini ya dan jangan buang sampah disembarang tempat.

Lokasi Taman Teras Cikapundung 

Untuk Anda yang berada dari luar kota ingin berkunjung ke kawasan ini aksesnya sangat mudah. Taman Teras Cikapundung berada di Kawasan Hutan Kota Babakan Siliwangi, di Jalan Siliwangi Bandung.

Jika Anda berada di sekitar jalan Ir. H Juanda, ketika di persimpangan lima Anda belok kekiri menuju Jalan Sumur Bandung, setelah menemukan pertigaan berbeloklah kekanan ke Jalan Taman Sari setelah itu berbelok lagi kekiri ke arah Jalan Siliwangi.
Sumber http://www.tempatwisatabandung.com/

0 komentar:

Posting Komentar